Pelaksanaan Simulasi Pertemuan Tatap Muka Terbatas MTs Negeri 7 Klaten

 

Pada tanggal 6 September 2021 MTs Negeri 7 Klaten melaksanakan simulasi atau uji coba tatap muka pembelajaran.Kegiatan simulasi yang dilaksanakan oleh MTs Negeri 7 Klaten dilakukan berdasarkan keputusan bersama 4 menteri mengenai panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi covid. Intruksi ini mengharuskan beberapa sekolah di Madrasah di bawah kantor Kementerian Agama melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka secara terbatas padaMadrasah jenjang RA,MI, MTS, dan MA.


Pada tanggal 4 September 2021 Bapak Kepala Madrasah telah mempersiapkan uji coba Madrasah ini dalam sebuah rapat koordinasi dengan guru dan karyawan. Persiapan tersebut terkait dengan beberapa hal penting dalam proses simulasi seperti sistem normal baru yang dilakukan oleh seluruh warga MT s Negeri 7 Klaten dalam aktifitas pembelajaran. Poin penting yang harus ditekankan adalah beberapa hal, seperti fasilitas kesehatan atau protokol kesehatan yang telah diterapkan baik secara fisik dalam ruangan ataupun sistem dalam beraktivitas. Kedua,memastikan terlaksananya vaksinasi bagi guru dan karyawan sebagai tenaga pendidik dan pendidik. Selain kedua hal tersebut, MTs Negeri 7 Klaten juga telah mempersiapkan dan mendapatkan izin dari orang tua wali murid,  komite satuan pendidikan,dan izin dari gugus tugas covid,serta Bupati setempat.

Persiapan tatap muka tersebut dilakukan secara matang. Pada pelaksanaannya, Senin 6 September 2021 MTS Negeri 7 Klaten melakukan simulasi pertemuan tatap muka terbatas dengan kapasitas 25% dari jumlah peserta didik. Simulasi ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat yaitu 5 M + 1 D.Seluruh warga menggunakan hand sanitizer ketika sampai di madrasah atau sebelum memasuki madrasah. Kemudian melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki madrasah. Di dalam madrasah seluruh guru, karyawan, dan siswa menjaga jarak dan tidak bersalam-salaman. Seluruh warga juga diwajibkan untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun pembersih tangan.

Proses kegiatan pembelajaran tatap muka ini dilakukan dengan terbatas, yaitu dengan memanfaatkan 50% kapasitas ruang kelas. Selain itu, jarak tempat duduk antara peserta didik diatur sehingga memenuhi standar operasional yang sesuai dengan penerapan protokol kesehatan. Pada pelaksanaannya kegiatan simulasi pertemuan tatap muka ini, diinspeksi langsung oleh pihak kepolisian sektor Jatinom dan satuan gugus tugas penanganan covid setempat guna untuk memastikan lancarnya kegiatan simulasi tatap muka di MTs Negeri 7 Klaten.



Bapak kepala madrasah MTs Negeri 7 Klaten telah mengordinasi dan menyiapkan tatap muka ini secara matang.Beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh bapak ibu guru dan karyawan MTs Negeri 7 Klaten yang telah saling bekerja sama secara kompak dalam melaksanakan simulasi pertemuan tatap muka. Kegiatan simulasi tatap muka ini akan dilaksanakan sampai pada tanggal 13 September 2021. Beliau mengungkapkan bahwa simulasi tatap muka Ini adalah awal yang yang membahagiakan setelah selama satu setengah tahun siswa melaksanakan pembelajaran secara online atau daring. Bapak kepala madrasah berharap semoga simulasi tatap muka pada ada 6 September sampai tanggal 13 September 2021 merupakan awal yang baik dalam proses pembelajaran untuk kedepannya semoga dapat dilaksanakan secara tatap muka meskipun dengan situasi normal baru.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages