BIMBINGAN TEKNIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

 



MTs Negeri 7 KLATEN MENGGELAR Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka


Dalam rangka mengikuti pembaruan kurikulum MTs Negeri 7 Klaten mengadakan bimbingan teknis implementasi kurikulum Merdeka yang dilaksanakan tanggal 7 sampai 8 Februari 2023 bimbingan teknis implementasi kurikulum merdeka. 


Hari pertama pada tanggal 7 Februari 2023 dilaksanakan pembukaan bimbingan teknis ikm yang dibuka oleh bapak kepala madrasah sekaligus diberikan sambutan pembukaan oleh Bapak H. Haryadi S. Ag., M.S.I dari pihak Kememag Klaten yang diwakilkan oleh Bapak Sumarna, M.A


Bimbingan teknis dilanjutkan pada hari Rabu 8 Februari 2023 dengan dipimpin oleh seorang instruktur Widya Iswara dari Balai Diklat pemerintah untuk memandu seluruh tenaga pendidik MTs Negeri 7 Klaten dalam melakukan penyusunan perencanaan model kurikulum merdeka. 


Bapak Junaedi menjelaskan adanya perbedaan implementasi kurikulum merdeka dan kurikulum 2013 yakni diantaranya 

Perbedaan mendasar antara Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka antara lain:


Kurikulum 2013 dirancang berdasarkan tujuan Sistem Pendidikan Nasional dan Standar Nasional Pendidikan, dalam Kurikulum Merdeka menambahkan pengembangan profil pelajar Pancasila.


Jam Pelajaran (JP) pada Kurikulum 2013 diatur per minggu, sedangkan JP pada Kurikulum Merdeka diatur per tahun.


Proses pembelajaran pada Kurikulum Merdeka dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja sesuai kebutuhan serta kemampuan guru dan murid yang diajar. Sedangkan Kurikulum 2013 mengutamakan kegiatan pembelajaran di kelas.


Penilaian pada Kurikulum 2013 berdasarkan aspek pengetahuan, aspek keterampilan, aspek sikap, dan aspek perilaku. Sedangkan Kurikulum Merdeka mengutamakan penguatan profil pelajar Pancasila, kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.


Pada teknisnya bapak Junaedi beserta seluruh guru MTs Negeri 7 Klaten merancang percobaan secara mendetail tentang seluk beluk kurikulum merdeka. Terlihat bapak ibu guru MTs Negeri Klaten tengah asik dalam merancang ATP juga dalam menyusun KKTP.  Hal ini dilakukan agar MTS Negeri juga dan siap dalam menghadapi pembaruan merdeka di tahun mendatang.


#bimtekikm #bimbinganteknisikm

#kemenagjateng 

#kemenagklaten 

#madjuka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages